Sabtu, 06 Juni 2015

AJANG KREASI DAN SENI ANAK ISLAM (AKSI) yang Ke-14 Spesial Ramadhan 1436 H / 2015 M

بسم الله الرّ حمٰن الرّ حيم

MUQODIMMAH
Ramadhan 1436 H nanti ditentukan pada  hari ini, oleh karena itu kita sebagai umat beragama Islam punya tanggung jawab mempersiapkan segala hal dengan sebaik-baiknya. Ramadhan di era globalisasi yang semakin ganas menjadikan tantangan yang lebih berat dari Ramadhan sebelumnya. Belum lagi agenda besar non muslim yang menjadikan kita lebih tidak fokus pada Ramadhan yang sudah menanti di depan mata. Surutnya semangat serta merambatnya sikap masa bodoh terhadap bulan Ramadhan generasi penerus Islam sudah marak terjadi. Maka diperlukan paling tidak pemacu semangat sebagai bekal Ramdhan untuk generasi penerus kita.
AKSI merupakan salah satu wadah penggalian potensi anak-anak Islam, khususnya dalam pengetahuan Al-Qur’an dan pengetahuan agama Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kepribadian qur’ani pada anak-anak. Untuk mewujudkan tujuan tersebut sebagai kader Islam tentunya dituntut bekerjasama bersama-sama berjuang demi generasi muda yang penuh semangat menghadapi bulan yang penuh ampunan tersebut. Kami mengajak  bersama kami dalam rangka memperjuangkan semangat Islam yang berkobar  dan membekali anak-anak untuk siap menghadapi bulan Ramadhan dan tantangannya.
NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) yang ke-14 Spesial Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PRIPM) Gading.
TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan : “Kobarkan Ramdhan Penuh Semangat”
BENTUK KEGIATAN
Acara Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) yang ke-14 Spesial Ramadhan ini diselenggarakan untuk lingkup Kabupaten Klaten. AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan pada tahun ini terdiri dari 7 perlombaan. Untuk perlombaan terbagi dalam dua kategori, kategori perlombaan untuk santri dan kategori perlombaan untuk Ustad/Ustadzah.
Lomba
Untuk perlombaan terbagi dalam dua kategori :
kategori perlombaan untuk santri
Mewarnai
Pidato
Kaligrafi
Lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI)
Tahfid
Mading
kategori perlombaan untuk Ustad/Ustadzah
Lomba untuk Ustad dan Ustadzah merupakan lomba yang melibatkan ustadz dan ustadzah TPA/TPQ/PAA se Kabupaten Klaten dengan macam lomba sebagai berikut:
Micro Teaching
Ketentuan Lomba
   (Terlampir)
Bakti Sosial (Penggalangan Dana)
Selain kegiatan perlombaan dan cerita anak Islam, AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini juga mempunyai kegiatan sosial berupa penggalangan dana untuk panti “takjil on the road”. Kami akan menghimpun dana dari Sponsor donatur dan dermawan lain untuk kami salurkan kepada para pengguna jalan dalam bantuk takjil. Selain itu kami juga akan mengajak peserta untuk latihan berinfaq  Rp 1000 untuk takjil saudara kita.  Semoga infaq yang kita berikan dapat bermanfaat bagi mereka dan kita mendapatkan balasan yang lebih dari Alloh SWT.
MAKSUD DAN TUJUAN
Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) yang Ke-14 Spesial Ramadhan tahun 1436 H / 2015 M diselenggarakan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut :
Memperkuat Ukhuwah Islamiyah antar anak-anak Pengajian/TPA maupun pengasuhnya
Mengasah kemampuan anak tentang keislaman
Mempersiapkan anak sebagai generasi harapan umat untuk siap mengahadapi perubahan dan tantangan zaman.
Memperkenalkan Sahabat maupun tokoh-tokoh Islam dalam pergerakannya memperjuangkan Dienul Islam.
Meningkatkan kemampuan Ustad/Ustadzah dalam menyampaikan ilmunya.
PELAKSANAAN
Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) yang ke-14 Spesial Ramadhan tahun 1436 H / 2015 M Insya Allah akan diselenggarakan pada :
Hari, Tanggal: Ahad-Selasa, 21-23 Juni 2015
Waktu:  07.00 WIB – selesai
Tempat: Gedung Dakwah Muhammadiyah Ranting Gading.
Jl. Singosari No. 3, Kelurahan Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara,      Kabupaten Klaten.
TARGET PESERTA
Peserta AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini mempunyai target peserta lebih banyak dibandingkan dengan tahun yang lalu. Kalau tahun lalu berhasil mendatangkan sekitar ±1000 partisipan, maka AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini akan mendatangkan seribu lebih partisipan..  Selain  peserta lomba AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini dari santri dan ustad/zahnya, AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini juga akan mendatangkan  partisipan yang bersasal dari masyarakat sekitar yang nantinya akan manambah ramai acara AKSI yang Ke-14 Spesial Ramadhan ini

KHOTIMAH
Demikian petunjuk pelaksanaan ini kami susun, dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semata-mata untuk mendapat Ridho dari Allah SWT. Atas perhatian, partisipasi Bapak/Ibu/Saudara sekalian kami mengucapkan terima kasih. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun dengan harapan kita semua serta bermanfaat bagi umat Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar